Mahar :)

” Sebaik – baik perempuan adalah yang paling murah maharnya ” ( HR. ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi, Ahmad )

Saat di tanya : “Mau mahar apa?”
wiiiih speechless #^_^#
hihihiw

Dulu. Duluuuu banget waktu masih belom kepikiran nikah dan belom tau apa-apa tentang mahar, dengan mantap saya bakal jawab, mau mahar tanah!
Supaya, nanti siapa tau bakal ditinggalin duluan atau terjadi hal-hal yg tidak diinginkan, setidaknya saya udah punya bekal. Dan juga nantinya kan kalo udah menikah, tanah itu bisa dipake buat hal-hal yg bisa menghasilkan uang. Misalnya di jadiin kost-kost an ato di jadikan toko dls.
Tapi…..
Ternyata. Mahar itu adalah pemberian suami kepada istri, yg mana tidak boleh di pakai / di gunakan oleh suami. Misalnya, kalo jadi mahar nya tanah, nah kl si tanah di pakai untuk menghasilkan uang, maka uangnya nggak boleh di nikmati suami. 
susah donk~

Berdasarkan hadist di atas, Saya berfikir kembali tentang mahar yg saya inginkan.
Lama berfikirnya (cieh)..
Lalu googling tentang mahar surah ar-Rahman. Karena banyak orang-orang minta surah ini sebagai maharnya. Hmmmm..
Apa sih alasannya??

Berikut ini adalah beberapa alasan tentang surah Ar-Rahman sebagai mahar :
1. Keutamaan surah Ar-Rahman. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca surah Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya, dan meridhai nikmat yg dikaruniakan padanya” (Tafsir Nur ats-Tsqalayn 5/187).

2. Ada yg mengatakan bahwa surah Ar-Rahman penuh dg pertanyaan Allah, : “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”. Karena pernikahan adalah penyempurnaan separuh agama dan merupakan sebuah nikmat. Mahar surah Ar-Rahman sebagai pengingat kita untuk supaya selalu mensyukuri nikmat Allah yang begitu banyak.

3. Ingin meringankan calon suami. Surah Ar-Rahman adalah surah pendek dan mudah untuk dihafalkan dibandingkan dg surah Al-Baqarah.

4. Tidak ingin dihargai dalam bentuk apapun, baik cincin, uang atau materi lainnya sebagai mahar. Namun, akan lebih bahagia jika dibeli dg surah Ar-Rahman.

5. Menjadikan motivasi untuk calon suami dalam menghafal Al-Qur’an.

6. Deskripsi tentang surga yang ada dalam makna surah Ar-Rahman, yaitu tentang nikmat surga dan kenikmatannya, berupa buah-buah, warna surga yang hijau, dan bidadari yang cantik di surga. Memotivasi untuk senantiasa menjalankan roda kehidupan rumah tangga dengan orientasi akhirat. Menjadi istri yang terbaik menyaingi bidadari di surga, dan suami berjihad tiada henti sampai syahid menjemput dan mendapatkan bidadari di surga.

Nahhh..
Jadi itu alasannya..
Buat yang juga mencari alasan kenapa surah Ar-Rahman di jadikan sbg mahar, semoga post saya ini bisa membantu yaaa ^^
Sekian dulu post saya.
Kalau ada yg kurang berkenan, mohon di maafkan.
Karna kesempurnaan itu hanya lah milik Allah semata.
Dan kekurangan terletak pada diri saya.

Wassalamualaikum wr wb ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s